Beji Guwang: Dinding Canyon Tersembunyi di Ubud

Wisata Beji Guwang – Selama ini, Ubud Bali selalu dikenal dengan pemandangan pantai dan hamparan persawahan yang masih sangat terjaga dengan baik dan asri.

Kearifan dan keramahan budaya lokal juga membuat banyak wisatawan betah dan senang untuk mengunjungi Ubud.

Selain beberapa hal tersebut, Ubud memiliki sebuah tembok Canyon (ngarai) tersembunyi yang sangat indah untuk difoto. Tempat tersebut berlokasi di Beji Guwang, sebuah tempat tersembunyi yang tidak banyak wisatawan yang tahu.

Wisata Ngarai Beji Guwang

Dinding Canyon Beji Guwang mungkin tersembunyi, tapi jelas bukan rahasia lagi, karena tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Ngarai batu yang kasar sepanjang bagian Sungai Oos antara Ubud dan Sanur ini membuat perjalanan dua sampai tiga jam yang penuh petualangan.

Wisata Alam Beji Guwang Bali

Untuk menuju wilayah ini, para pengunjung sangat disarankan untuk menghubungi para warga lokal sebagai pemandu. Hal tersebut karena lokasi yang sangat jauh dan berada di tengah hutan dan di balik bebatuan.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk kawasan ini adalah 15.000 rupiah, dan sekitar 30 pemandu lokal bekerja secara bergiliran untuk mendapatkan tip. Bila anda menggunakan jasa pemandu, anda perlu mengeluarkan kocek sebesar 50.000 rupiah untuk perjalanan ke bagian pertama saja.

Sedangkan untuk perjalanan pulang-pergi penuh, 100.000 sampai 150.000 rupiah tergantung pada berapa banyak kelompok rombongan anda.

Seperti yang disebutkan diatas, bagi pengunjung yang baru pertama kali kesini, anda akan sangat memerlukan bantuan dari para pemandu untuk sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Pemandu anda akan memberikan intruksi dan sangat terlatih bila terjadi sesuatu pada pengunjung, seperti tergelincir di jalan yang licin atau terluka karena tergores bebatuan di sekitar ngarai.

Saat mengunjungi ngarai ini, hal yang pasti adalah anda akan menjadi basah, karena adanya sumber air didalam ngarai. Oleh karena itu, pilihan pakaian yang cocok sangat dianjurkan seperti dengan kaos dan celana pendek.

Pemandu lokal akan menyarankan pengunjung agar bertelanjang kaki untuk perjalanan yang lebih mudah.

Namun bila anda yang takut terluka, maka sebaiknya gunakan sepatu trekking atau sepatu air, karena jalur disini sangat licin dan berbatu.

Jangan lupa membawa plastik dan pelindung air untuk menyimpan peralatan alat-alat elektronik anda.

Lokasi Beji Guwang Bali

Dimulai di Pura Dalem di desa Guwang, 14,5 kilometer selatan Ubud dan 15 kilometer sebelah utara Sanur. Sebuah tangga semen curam membawa anda sekitar 12 meter ke sungai dimana Kuil Beji Guwang kecil menghadap ke sebuah mata air suci.

Disini pengunjung diperbolehkan untuk mandi serta mencoba terapi ikan. Selama musim kemarau airnya jernih dan anda bisa melihat bebatuan dan ikannya.

Jalan setapak mengikuti sungai di hulu sekitar satu setengah kilometer, sering kali melawan arus yang mengalir cepat.

Di beberapa bagian airnya berada dalam pergelangan kaki dalam, di bagian lain berada di atas kepala kebanyakan orang. Meskipun anda dapat menghindari bagian-bagian ini dengan memanjat di atas batu-batu besar.

Meskipun jalur yang sedikit susah untuk dilalui, namun kesulitan dan kelelahan anda akan terbayarkan saat menikmati pemandangan indah yang tidak dapat dinikmati oleh setiap orang.

Jadi jangan lupa saat anda berlibur ke bali untuk mengunjungi destinasi wisata air beji guwang ini ya 🙂